DIKLAT TENAGA KEPENDIDIKAN ICT

Home » Aktifitas » Edmudo, Alternatif Facebooknya Guru, Siswa, dan Orang Tua (1)

Edmudo, Alternatif Facebooknya Guru, Siswa, dan Orang Tua (1)

Pro dan Kontra terhadap penggunaan facebook untuk pembelajaran online terjadi di setiap sekolah. Banyak para guru yang telah memanfaatkan facebook untuk kegiatan pembelajaran online atau hanya sekedar pemberian tugas dan materi saja. Disamping itu, banyak pula orang tua yang kurang berkenan terhadap penggunaan facebook. Yang membuat mereka tidak setuju antara lain karena :

  1. Setiap anak mempunyai alasan untuk mengerjekan atau mengumpulkan tugas setiap akan pergi warnet. Padahal aktifitas belajar dengan internet hanya sekian persen saja, selebihnya mereka bermain games.
  2. Facebook sebagai social network terbesar saat ini memungkinkan anak-anak berteman dengan siapapun dari berbagi penjuru dunia. Jika salah memilih teman akibatnya akan fatal sekali, seperti kasus-kasus penculikan yang marak terjadi.
    Facebook adalah situs yang pendanaannya berasal dari iklan. Bahayanya iklan di facebook tidak mengenal usia. Banyak iklan-iklan aneh dan menjerumuskan untuk si anak.
  3. Facebook mempunyai fasilitas berbagi foto/ gambar. Ada saja orang iseng yang mengirimkan gambar-gambar aneh.

Mungkin itu hanyalah sekelumit dari bahaya facebook yang menjadi momok yang sangat menakutkan bagi orang tua. Apalagi jika saat online si anak tidak didampingi oleh orang tua.

Ketika di sekolah mengadakan pertemuan dengan para orang tua ada pernyataan dari salah satua orang tua/ wali murid : yang menyatakan agar penggunaan facebook untuk pembelajaran di batasi dengan alasan seperti yang telah saya sebutkan diatas. Hal itu bisa dipahami. Memang keberadaan social network (dalam hal ini Facebook) sedikit banyak mengkhawatirkan, terutama ketika peserta didik salah memanfaatkannya.

Namun tidak bisa dipungkiri, anak-anak kita adalah digital native atau penduduk asli dalam dunia digital. Mereka hidup di era serba digital dimana perkembangan teknologi berkembang dengan pesatnya, mau tidak mau kita sebagai orang tua harus mendidik mereka sesuai dengan zamannya. Dimana HP (handphone) sudah ada dalam genggaman mereka, Televisi, komputer (PC) dengang jaringan internet sudah menjadi alat penghibur mereka. Internet dengan berbagai hiburan menarik minat mereka untuk mencoba hingga akhirnya menjadi teman, salah satunya adalah games online dan social network (jejaring sosial) telah menjadi “sahabat” dalam kehidupan anak-anak kita.

Masihkah kita menutup mata? atau kita mengambil jalan pintas saja, dengan melarang mereka bermain dan menggunakan Internet ? Menurut saya, daripada menghabiskan energi untuk melarang mereka “berinternet ria” atau “berfacebook ria”, lebih baik merancang strategi pembelajaran agar social network ini bermanfaat untuk pendidikan. Banyak cara memang, dan pada tulisan ini saya merekomendasikan Edmodo (www.edmodo.com), suatu social network yang khusus digunakan untuk tujuan pembelajaran.

Sesuai dengan artikel yang ditulis Marfuah, M.T (salah satu Widyaiswara di P4TK Matematika) “Salah satu social network yang cukup banyak memiliki fitur untuk mendukung pembelajaran adalah Edmodo. Seperti halnya social network lain, akun Edmodo dapat diperoleh tanpa berbayar dengan mengakses www.edmodo.com . Hanya saja, Edmodo didesain untuk penggunaan pembelajaran dan berbasis sekolah. Hal ini terlihat jelas pada tampilan halaman awal Edmodo, akan terlihat bahwa login pengguna dibedakan apakah user adalah guru, siswa, atau orang tua siswa. Beberapa fitur yang terdapat pada Learning Management System (LMS) untuk mendukung e-learningseperti penugasan, kuis dan penilaian pun terdapat di Edmodo”.

Dengan latar belakang di atas, saya mencoba untuk membuat tutorial tentang http://www.edmodo.com. Berikut langkah-langkah bergabung dengan jejaring social pendidikan:

1. Pastikan ada jaringan internet di computer atau laptop anda

2. ketik alamat www.edmodo.com Akan nampak tampilan seperti gambar berikut:

Dari Edmudo file

3. Jika Anda seorang guru, maka klik i’m a teacher, maka akan muncul kolom sign up. silahkan diisi (gunakan data yang sebenarnya agar mudah diakses oleh siswa):

Dari Edmudo file

4. Jika berhasil, maka akan muncul tampilan berikut ini:

Dari Edmudo file

Silahkan melakukan edit profile dan mulai membuat group untuk siswa yang diajar. OK, pada tulisan selanjutnya akan saya bahas bagaimana membuat Group siswa, membuat Quis, serta mengakses nilai siswa. Semoga bermanfaat. Amiin (By Arik Murwanto, S.Pd – UPT SMKN 1 Pasuruan)


1 Comment

  1. Ari rahman says:

    Zvrmn4

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: